المشاركات

عرض المشاركات من مارس, 2025

Soal UTBK-SNBT Paket 30

صورة
Soal Nomor 146 Jika \( x_1 \) dan \( x_2 \) memenuhi \( 6^{x^2} \cdot 36^{-2x} = \frac{1}{216} \) dengan \( x_1 > x_2 \), maka \( x_1 \times x_2 \) adalah A. \( 2 \) B. \( 3 \) C. \( 4 \) D. \( 5 \) E. \( 6 \) Pembahasan \( 6^{x^2} \cdot 36^{-2x} = \frac{1}{216} \) Karena \( 36 = 6^2 \), maka \( 6^{x^2} \cdot (6^2)^{-2x} = 6^{-3} \) \( 6^{x^2} \cdot 6^{-4x} = 6^{-3} \) \( 6^{x^2 - 4x} = 6^{-3} \) Karena basisnya sama, maka eksponen juga sama: \( x^2 - 4x = -3 \) \( x^2 - 4x + 3 = 0 \) Faktorkan: \( (x-3)(x-1) = 0 \) Solusi: \( x = 3 \) atau \( x = 1 \) \( x_1 = 3 \), \( x_2 = 1 \) \( x_1 \times x_2 = 3 \times 1 = 3 \) Jawaban: B Soal Nomor 147 Diketahui \( a = \sqrt{2029 \times 2021 + 16} \)...

Soal UTBK-SNBT Paket 29

صورة
Soal Nomor 141 Perhatikan gambar layang-layang ABCD berikut! Persamaan garis \( l \) adalah A. \( 3x + 7y = 0 \) B. \( 3x - 7y = 0 \) C. \( 7x + 3y = 0 \) D. \( 7x - 3y = 0 \) E. \( 7x - 3y = 1 \) Pembahasan Garis \( BC \) dan garis \( l \) saling tegak lurus. Gradien dari garis \( BC \) adalah \( m_1 = \frac{-7 - 0}{0 - (-3)} = \frac{-7}{3} \) Karena \( m_1 \cdot m_2 = -1 \), maka \( \frac{-7}{3} \cdot m_2 = -1 \) \( m_2 = \frac{3}{7} \) Maka persamaan garis \( l \): \( y - y_1 = m_2 (x - x_1) \) \( y - 0 = \frac{3}{7} (x - 0) \) \( y = \frac{3}{7} x \) \( 3x - 7y = 0 \) Jawaban: B Soal Nomor 142 Jika \( (g \circ f)(x-1) = x+2 \) dan \( f(x) = 2x+3 \), maka nilai dari \( g^{-1}(-2) \) adalah A. ...

Soal UTBK-SNBT Paket 28

صورة
Soal Nomor 136 Pada trapesium ABEF dengan AF || BE, ∠BEF = 115°, AF = 8 dan BE = 4. Perpanjangan FE dan AB berpotongan di titik C dan CF = 12. Titik D di luar ACF sehingga CDE sama sisi. Panjang CD adalah A. \( 3 \) B. \( 3+\sqrt{3} \) C. \( 6 \) D. \( 6+\sqrt{3} \) E. \( 9 \) Pembahasan Menentukan panjang CE: \( \frac{CE}{CF} = \frac{BE}{EF} \) \( \frac{CE}{12} = \frac{4}{8} \) \( \frac{CE}{12} = \frac{1}{2} \) \( CE = \frac{12}{2} = 6 \) Karena CDE sama sisi, maka \( CD = DE = CE = 6 \) Jawaban: C Soal Nomor 137 Pada trapesium ABEF dengan AF || BE, ∠BEF = 115°, AF = 8 dan BE = 4. Perpanjangan FE dan AB berpotongan di titik C dan CF = 12. Titik D di luar ACF sehingga CDE sama sisi. Luas segitiga CDE adalah A. \( 9\sqrt{2} \) ...

Soal UTBK-SNBT Paket 27

Soal Nomor 131 Jika \( P(k) = \frac{12k}{1+3k} \), berapakah nilai \( 15k \) sehingga \( P(k) = \frac{1}{3} P(2) \)? A. -2 B. -1 C. 0 D. 1 E. 2 Pembahasan Hitung \( P(2) \): \( P(2) = \frac{12(2)}{1+3(2)} = \frac{24}{7} \) Diketahui \( P(k) = \frac{1}{3} P(2) \), maka: \( \frac{12k}{1+3k} = \frac{1}{3} \times \frac{24}{7} \) \( \frac{12k}{1+3k} = \frac{8}{7} \) Kalikan silang: \( 84k = 8 + 24k \) \( 60k = 8 \) \( k = \frac{8}{60} = \frac{2}{15} \) Hitung \( 15k \): \( 15k = 15 \times \frac{2}{15} = 2 \) Jawaban: E Soal Nomor 132 Titik \( A = (1, a) \) berada pada grafik fungsi \( f_1 (x) = (x-1)(x+2)+3 \). Titik \( B = (2, b) \) berada pada grafik fungsi \( f_2 (x) = (x+1)(x-2)-3 \). Selisih nilai \( a \) dan \( b \) ad...

Soal UTBK-SNBT Paket 26

Soal Nomor 126 Nilai dari \( \log_5^2 x - \log_5 x^3 + 2 = 0 \) adalah? A. 5 atau 25 B. -5 atau 25 C. 1 atau 2 D. 1 atau -2 E. -1 atau -2 Pembahasan \( \log_5^2 x - \log_5 x^3 + 2 = 0 \) Misalkan \( \log_5 x = y \), maka: \( y^2 - 3y + 2 = 0 \) Faktorkan: \( (y - 1)(y - 2) = 0 \) Jadi, \( y = 1 \) atau \( y = 2 \) Maka, \( \log_5 x = 1 \Rightarrow x = 5^1 = 5 \) dan \( \log_5 x = 2 \Rightarrow x = 5^2 = 25 \) Jawaban: A Soal Nomor 127 Dalam sebuah kotak terdapat 8 bola berwarna merah, 5 bola berwarna putih, dan 7 bola berwarna kuning. Jika bola diambil secara acak sebanyak dua kali dengan pengembalian, peluang terambilnya bola berwarna putih kemudian bola berwarna merah adalah? A. \( \frac{1}{4} \) B. \( \frac{3}{4} \) C. \( \...

Soal UTBK-SNBT Paket 25

Soal Nomor 121 Operasi \( \heartsuit \) dan \( \star \) pada bilangan didefinisikan sebagai berikut: \( k \heartsuit l \star m = \frac{l+m}{(k \times l)/(k+m)} \) P Q \( 2 \heartsuit 3 \star n \) untuk \( n = -1 \) atau \( n = 1 \) 2 Berdasarkan informasi yang diberikan, manakah hubungan antara kuantitas \( P \) dan \( Q \) berikut yang benar? A. Kuantitas \( P \) lebih besar daripada \( Q \). B. Kuantitas \( P \) lebih kecil daripada \( Q \). C. Kuantitas \( P \) sama dengan \( Q \). D. Tidak dapat ditentukan hubungan antara kuantitas \( P \) dan \( Q \). Pembahasan \( l+m \div \frac{k \times l}{k+m} = l+m \times \frac{k+m}{k \times l} \) Untuk \( n = -1 \): \( 2 \heartsuit 3 \star (-1) = 3 + (-1) \times \frac{2+(-1)}{2 \times 3} \) \( = 3 - \frac{1}...

Soal UTBK-SNBT Paket 24

Soal Nomor 116 Bilangan berikut faktor dari \(2024^2 - 2023^2\) adalah? A. \(14\) B. \(13\) C. \(19\) D. \(15\) E. \(17\) Pembahasan Gunakan rumus selisih kuadrat: \( a^2 - b^2 = (a+b)(a-b) \) \( 2024^2 - 2023^2 = (2024 + 2023)(2024 - 2023) \) \( = 4047 \) Faktor dari \(4047\): Pembagi 4047 3 1349 19 71 71 1 Jawaban: C Soal Nomor 117 Nilai dari \( \frac{2^{-2023} + 2^{-2024} + 2^{-2025}}{3} \) adalah \( x \) kali lipat dari \( \frac{1}{2^{2026}} \). Nilai \( x \) yang meme...

Soal UTBK-SNBT Paket 23

صورة
Soal Nomor 111 Diketahui fungsi: \[ f(x) = \frac{2x+1}{x-1}, \quad g(x) = \sqrt{x-4} \] Berdasarkan informasi yang diberikan, manakah hubungan kuantitas P dan Q berikut yang benar? P Q \((g \circ f)^{-1} (3)\) 5 Kuantitas P lebih besar daripada Q. Kuantitas P lebih kecil daripada Q. Kuantitas P sama dengan Q. Tidak dapat ditentukan hubungan antara kuantitas P dan Q. Pembahasan Fungsi komposisi \( (g \circ f)(x) \): \[ (g \circ f)(x) = \sqrt{\left( \frac{2x+1}{x-1} - 4 \right)} \] Sederhanakan: \[ (g \circ f)(x) = \sqrt{\left( \frac{2x+1}{x-1} - \frac{4(x-1)}{x-1} \right)} \] \[ ...

Soal UTBK-SNBT Paket 22

صورة
Soal Nomor 106 Perhatikan grafik berikut! Diketahui: \( k \): \(4x + y \geq 8\) \( l \): \(x - y + 3 \geq 0\) \( m \): \(3x + 2y \leq 21\) Nilai maksimum \( f(x, y) = 2x + 3y \) di daerah yang diarsir adalah 24. Pernyataan yang benar adalah: A. (1), (2), dan (3) B. (1) dan (3) C. (2) dan (4) D. (4) saja E. (1), (2), (3), dan (4) Pembahasan Pernyataan 1: Uji dengan titik \((0,0)\) \[ 4(0) + 0 \geq 8 \] \[ 0 \geq 8 \] (Salah) Jika salah, maka arsirannya menjauhi titik \((0,0)\). Berdasarkan grafik, arsiran garis \( k \) menjauhi titik \((0,0)\), sehingga pernyataan 1 benar. Pernyataan 2: Uji dengan titik \((0,0)\) \[ 0 - 0 + 3 \geq 0 \] \[ 3 \geq 0 \] (Benar) Jika benar, maka arsirannya mendekati titi...

Bedah Soal Fisika Tingkat SMA

📘 Selamat datang di halaman Menu Materi Fisika SMA! Halaman ini menyajikan kumpulan soal-soal Fisika SMA yang telah dikelompokkan berdasarkan submaterinya. Soal-soal ini cocok digunakan untuk latihan harian, persiapan ulangan, atau menghadapi ujian seperti PAT, PAS, dan UTBK. Klik pada salah satu submateri di bawah ini untuk mulai mengerjakan soal sesuai topik yang kamu butuhkan. 📝 Selamat berlatih, semoga kamu semakin paham dan percaya diri dalam menguasai Fisika! Menu Materi Fisika SMA Besaran dan Satuan Kinematika Dinamika Usaha dan Energi Momentum dan Impuls Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Elastisitas Fluida Statis Fluida Dinamis Suhu dan Kalor Getaran dan Gelombang Optik Geometri dan Alat Optik Listrik Statis Listrik Dinamis Arus Listrik Bolak-Balik Gelombang Elektromagnetik Relativitas Fisika Atom Fisika Inti dan Radioaktivitas Induksi Elektromagnetik ...

Soal UTBK-SNBT Paket 21

Soal Nomor 101 Tiga bilangan prima berbeda yang kurang dari 20 dipilih sekaligus secara acak. Berapakah banyaknya dari empat pernyataan berikut yang bernilai benar berdasarkan informasi di atas? 1. Peluang hasil kali semua bilangan yang terpilih merupakan bilangan genap kurang dari \( \frac{1}{2} \) 2. Peluang jumlah semua bilangan yang terpilih merupakan bilangan genap kurang dari \( \frac{1}{3} \) 3. Peluang jumlah semua bilangan yang terpilih merupakan bilangan ganjil lebih dari \( \frac{1}{2} \) 4. Peluang jumlah semua bilangan yang terpilih kurang dari 10 lebih dari \( \frac{1}{3} \) Pilihan Jawaban: 0 1 2 3 4 Pembahasan Bilangan Prima: \( \{2,3,5,7,11,13,17,19\} \) Rumus: \( P(A) = \frac{n(A)}{n(S)} \) \( n(S) = \binom{8}{3} = \frac{8!}{3!5!} = \frac{8 \times 7 \times 6}{3 \times 2 \times 1} = 56 \) ...

Soal UTBK-SNBT Paket 20

صورة
Soal Nomor 96 Jika \( a \) dan \( b \) memenuhi persamaan: \( (ax+1)(-x+b) = -x^2 - 3x - 2 \) Maka nilai \( a + b \) adalah: A. -2 B. -1 C. 0 D. 1 E. 2 Pembahasan Menguraikan persamaan: \( (ax+1)(-x+b) \) \( = -ax^2 + abx - x + b \) \( = -ax^2 + (ab - 1)x + b \) Disamakan dengan \( -x^2 - 3x - 2 \), maka: \( -ax^2 = -x^2 \Rightarrow a = 1 \) \( b = -2 \) Maka, \( a + b = 1 - 2 = -1 \). Jawaban: B Soal Nomor 97 Perhatikan gambar berikut! Jika diketahui \( a = 6 \), nilai \( d \) adalah? A. 3 B. 6 C. 9 D. 12 E. 15 Pembahasan Diketahui \( a = 6 \), maka: \( b = a - 3 \) \( b = 6 - 3 = 3 \) ...

Soal UTBK-SNBT Paket 19

صورة
Soal Nomor 91 Diketahui \( \triangle ADB \) adalah segitiga siku-siku di \( D \) dengan luas \( \frac{9}{2} \) dan panjang \( CD \) dua kali panjang \( AD \). Jika perbandingan panjang \( CD \) terhadap \( ED \) adalah 3 : 4, koordinat titik \( E \) adalah: A. \( (10,0) \) B. \( (9,0) \) C. \( (8,0) \) D. \( (0,9) \) E. \( (0,8) \) Pembahasan Menentukan panjang \( AB \): \( AB = \sqrt{(-2-1)^2 + (0-3)^2} \) \( = \sqrt{9 + 9} = \sqrt{18} = 3\sqrt{2} \) Maka panjang dari \( BD \) dan \( AD \) adalah 3 satuan. Menentukan panjang \( CD \): Karena \( CD = 2AD \), maka: \( \frac{CD}{AD} = \frac{2}{1} \) Koordinat dari \( D \) adalah \( (1,0) \), sehingga panjang \( AD \) adalah: \( | -2 - 1 | = 3 \) \( CD = 2 \times 3 = 6 \) Menentuka...

Soal UTBK-SNBT Paket 18

صورة
Soal Nomor 86 Perhatikan gambar berikut: Jika \( EB = DG = AH = x \), manakah di antara pernyataan berikut yang benar? 1. Busur EF lebih panjang daripada AE + AH 2. Keliling daerah berwarna biru adalah \((4+\pi)x\) 3. Luas daerah berwarna biru adalah \(2(2-\frac{1}{2} \pi) x^2\) 4. Luas ABCD adalah \(4x^2\) Pilihan jawaban: A. (1), (2), dan (3) B. (1) dan (3) C. (2) dan (4) D. (4) saja E. (1), (2), (3), dan (4) Pembahasan Pernyataan (1) Busur \( (EF) \) dihitung sebagai seperempat keliling lingkaran: \( (EF) = \frac{1}{4} \times 2\pi x = \frac{\pi x}{2} \) AE + AH = x + x = 2x Maka \( EF Pernyataan (2) Keliling daerah biru adalah: \( (EF) + CF + CG + (HG) + AH + AE \) \( \frac{\pi x}{2} + x + x + \fra...