Soal UTBK-SNBT Paket 1
Soal Nomor 1
Bilangan berikut yang habis dibagi 5, tetapi tidak habis dibagi 3 adalah?
- A. 1.230
- B. 1.305
- C. 1.365
- D. 1.410
- E. 1.430
Pembahasan
Ciri bilangan yang habis dibagi 5 adalah memiliki digit terakhir 0 atau 5. Semua pilihan memenuhi syarat ini.
Ciri bilangan yang habis dibagi 3 adalah jumlah semua digitnya habis dibagi 3. Kita cek satu per satu:
- A. 1 + 2 + 3 + 0 = 6 → Habis dibagi 3 ❌
- B. 1 + 3 + 0 + 5 = 9 → Habis dibagi 3 ❌
- C. 1 + 3 + 6 + 5 = 15 → Habis dibagi 3 ❌
- D. 1 + 4 + 1 + 0 = 6 → Habis dibagi 3 ❌
- E. 1 + 4 + 3 + 0 = 8 → Tidak habis dibagi 3 ✅
Jadi, bilangan yang habis dibagi 5 tetapi tidak habis dibagi 3 adalah 1.430.
(Jawaban: E)
Soal Nomor 2
Hasil dari \( \frac{172^2 - 332^2}{160^2} \) adalah?
- A. -5 1/4
- B. -4 2/11
- C. -3 3/20
- D. 3 3/15
- E. 4 4/7
Pembahasan
Kita gunakan rumus aljabar:
\[ \frac{172^2 - 332^2}{160^2} = \frac{(172 - 332)(172 + 332)}{160^2} \]
\[ = \frac{(-160)(504)}{160^2} \]
\[ = \frac{-504}{160} = \frac{-63}{20} = -3 \frac{3}{20} \]
(Jawaban: C)
Soal Nomor 3
Operasi \(\odot\) dan \(\oplus\) pada bilangan didefinisikan sebagai:
\( a \odot b = a \div (a + b) \)
\( c \oplus d = d^2 - (c \times d) \)
Nilai dari \((2 \oplus 3) \odot (-4)\) adalah?
- A. -5
- B. -3
- C. -1
- D. 2
- E. 4
Pembahasan
Hitung terlebih dahulu \(2 \oplus 3\):
\[ 2 \oplus 3 = 3^2 - (2 \times 3) \]
\[ = 9 - 6 = 3 \]
Selanjutnya, hitung \(3 \odot (-4)\):
\[ 3 \odot (-4) = 3 \div (3 + (-4)) \]
\[ = 3 \div (-1) = -3 \]
(Jawaban: B)
Soal Nomor 4
Fungsi \( f \) dan \( g \) didefinisikan sebagai berikut:
\( f(x) = 2x - 5 \)
\( g(x) = 3x + 1 \)
Berdasarkan informasi yang diberikan, manakah hubungan kuantitas \( P \) dan \( Q \) berikut yang benar?
P | Q |
---|---|
\((f \circ g)(2)\) | 10 |
- A. \( P > Q \)
- B. \( P < Q \)
- C. \( P = Q \)
- D. Informasi yang diberikan tidak cukup untuk memutuskan salah satu dari ketiga pilihan di atas
Pembahasan
Gunakan komposisi fungsi:
\[ (f \circ g)(x) = f(g(x)) \]
\[ f(g(x)) = 2(3x + 1) - 5 \]
\[ = 6x + 2 - 5 \]
\[ = 6x - 3 \]
Substitusi \( x = 2 \):
\[ (f \circ g)(2) = 6(2) - 3 = 12 - 3 = 9 \]
Sehingga \( P = 9 \) dan \( Q = 10 \), maka \( P < Q \).
(Jawaban: B)
Soal Nomor 5
Jika \( z \) memenuhi persamaan \( 40 - 3(z + 5) = 4 \), maka nilai dari \( 4z - 5 \) adalah:
- A. 7
- B. 13
- C. 17
- D. 23
- E. 27
Pembahasan
Persamaan yang diberikan:
\[ 40 - 3(z + 5) = 4 \]
Langkah 1: kalikan \(-3\) ke dalam tanda kurung:
\[ 40 - 3z - 15 = 4 \]
Langkah 2: operasikan konstanta di sebelah kiri:
\[ 25 - 3z = 4 \]
Langkah 3: Kurangkan 25 dari kedua sisi:
\[ -3z = 4 - 25 \]
\[ -3z = -21 \]
Langkah 4: Bagi kedua sisi dengan \(-3\):
\[ z = \frac{-21}{-3} = 7 \]
Langkah 5: Hitung nilai \( 4z - 5 \) untuk \( z = 7 \):
\[ 4z - 5 = 4(7) - 5 = 28 - 5 = 23 \]
Jadi, nilai dari \( 4z - 5 \) adalah 23.
(Jawaban: D)
Nomor 3 salah kak jawaban nya
ردحذفterima kasih koreksinya, sudah diperbaiki
حذفUdah bener no3
حذف