Soal dan Pembahasan Pengetahuan Kuantitatif UTBK SNBT 2025
UTBK SNBT 2025 kembali menempatkan Pengetahuan Kuantitatif sebagai salah satu kemampuan penting yang harus dikuasai peserta. Bagian ini pada dasarnya menguji pemahaman matematika dasar dan terapan, mulai dari aljabar, geometri, hingga penalaran numerik. Melalui halaman ini, Anda akan menemukan kumpulan soal dan pembahasan yang disusun untuk membantu memahami konsep secara runtut dan melatih cara berpikir logis. Semoga rangkaian materi ini dapat menjadi pendamping belajar yang membantu Anda lebih siap menghadapi UTBK SNBT 2026.
1
Jika \( 4 \div \frac{1}{2} = \sqrt{t} \), nilai \( t \) sama dengan ....
▼ Pembahasan
Hitung nilai kiri:
\( 4 \div \frac{1}{2} = 4 \times 2 = 8 \)
Maka:
\( 8 = \sqrt{t} \)
Kuadratkan kedua sisi:
\( t = 8^{2} = 64 \)
\( 4 \div \frac{1}{2} = 4 \times 2 = 8 \)
Maka:
\( 8 = \sqrt{t} \)
Kuadratkan kedua sisi:
\( t = 8^{2} = 64 \)
Jawaban:
64
2
Titik \( T(2, 17) \) terletak pada grafik fungsi \( f(x) = x^{2} - r x + 33 \).
Nilai \( r \) sama dengan ....
▼ Pembahasan
Karena titik \( (2, 17) \) berada pada grafik, maka:
\( f(2) = 17 \)
Substitusi ke fungsi:
\( 2^{2} - r(2) + 33 = 17 \)
\( 4 - 2r + 33 = 17 \)
\( 37 - 2r = 17 \)
Pindahkan ruas:
\( -2r = 17 - 37 \)
\( -2r = -20 \)
Bagi kedua sisi dengan -2:
\( r = 10 \)
\( f(2) = 17 \)
Substitusi ke fungsi:
\( 2^{2} - r(2) + 33 = 17 \)
\( 4 - 2r + 33 = 17 \)
\( 37 - 2r = 17 \)
Pindahkan ruas:
\( -2r = 17 - 37 \)
\( -2r = -20 \)
Bagi kedua sisi dengan -2:
\( r = 10 \)
Jawaban:
10
3
Sembilan bilangan yaitu \(2,\,4,\,8,\,3,\,5,\,7,\,8,\,4\) diurutkan dari yang terbesar hingga terkecil. Jika \(u\) dan \(t\) secara berturut-turut merepresentasikan bilangan pada posisi ke-3 dan ke-8 setelah diurutkan, nilai \((2 \times u) - t\) sama dengan ....
- 14
- 13
- 12
- 11
- 10
▼ Pembahasan
Urutkan bilangan:
\( 8,\,8,\,7,\,5,\,4,\,4,\,3,\,2 \)
Maka:
Posisi ke-3: \( u = 7 \)
Posisi ke-8: \( t = 3 \)
Hitung:
\( (2 \times 7) - 3 = 14 - 3 = 11 \)
\( 8,\,8,\,7,\,5,\,4,\,4,\,3,\,2 \)
Maka:
Posisi ke-3: \( u = 7 \)
Posisi ke-8: \( t = 3 \)
Hitung:
\( (2 \times 7) - 3 = 14 - 3 = 11 \)
Jawaban:
11
4
Perhatikan gambar berikut:
- 8
- 10
- 12
- 14
- 20
▼ Pembahasan
Hitung semua persegi berdasarkan ukurannya:
Persegi 1×1: 8 buah
Persegi 2×2: 4 buah
Total persegi = 8 + 4 = 12
Persegi 1×1: 8 buah
Persegi 2×2: 4 buah
Total persegi = 8 + 4 = 12
Jawaban:
12
5
Untuk setiap bilangan bulat \( x \), didefinisikan
\[ [x] = \begin{cases} \dfrac{x + 3}{x - 2}, & \text{jika } x \text{ ganjil},\\[6pt] \dfrac{x^2 + 2}{2}, & \text{jika } x \text{ genap taknegatif},\\[6pt] 2x^2 + 1, & \text{jika } x \text{ genap negatif} \end{cases} \]
Nilai \([1 - [2]]\) sama dengan …
\[ [x] = \begin{cases} \dfrac{x + 3}{x - 2}, & \text{jika } x \text{ ganjil},\\[6pt] \dfrac{x^2 + 2}{2}, & \text{jika } x \text{ genap taknegatif},\\[6pt] 2x^2 + 1, & \text{jika } x \text{ genap negatif} \end{cases} \]
Nilai \([1 - [2]]\) sama dengan …
- -7
- 3
- 4
- 8
- 9
▼ Pembahasan
Hitung terlebih dahulu nilai \([2]\).
Karena 2 adalah bilangan genap taknegatif, gunakan rumus:
\[
[2] = \frac{2^2 + 2}{2} = \frac{4 + 2}{2} = 3
\]
Selanjutnya hitung \([1]\).
Karena 1 adalah **ganjil**, gunakan rumus:
\[
[1] = \frac{1 + 3}{1 - 2} = \frac{4}{-1} = -4
\]
Maka:
\[
[1 - [2]] = [-4]
\]
Nilai -4 adalah bilangan genap negatif, maka gunakan rumus ketiga:
\[
[-4] = 2(-4)^2 + 1 = 2(16) + 1 = 33
\]
Tetapi soal menanyakan:
\[
[1 - [2]] = [\,1 - 3\,] = [-2]
\]
Karena -2 juga genap negatif, maka:
\[
[-2] = 2(-2)^2 + 1 = 2(4) + 1 = 9
\]
Jawaban:
9
6
Grafik fungsi \( f(x) = 2x^2 - x - 1 \) dan \( g(x) = x^2 - 3x + 7 \) berpotongan di dua titik berbeda, yaitu \( K(a, b) \) dan \( L(c, d) \). Garis \( m \) melalui kedua titik tersebut.
Jika \( b > d \), nilai \( a \) sama dengan …
Jika \( b > d \), nilai \( a \) sama dengan …
- -4
- -2
- 0
- 2
- 4
▼ Pembahasan
Titik potong diperoleh dari:
\( f(x) = g(x) \)
\( 2x^2 - x - 1 = x^2 - 3x + 7 \)
Pindahkan ruas:
\( 2x^2 - x - 1 - x^2 + 3x - 7 = 0 \)
\( x^2 + 2x - 8 = 0 \)
Faktorkan:
\( (x + 4)(x - 2) = 0 \)
Jadi titik potong terjadi pada \( x = -4 \) dan \( x = 2 \).
Karena \( b > d \), titik dengan nilai \( y \) lebih besar adalah titik K.
Cek nilai \( y = f(x) \):
Untuk \( x = -4 \):
\( f(-4) = 2(16) + 4 - 1 = 35 \)
Untuk \( x = 2 \):
\( f(2) = 8 - 2 - 1 = 5 \)
Karena \( 35 > 5 \), maka:
\( a = -4 \)
\( f(x) = g(x) \)
\( 2x^2 - x - 1 = x^2 - 3x + 7 \)
Pindahkan ruas:
\( 2x^2 - x - 1 - x^2 + 3x - 7 = 0 \)
\( x^2 + 2x - 8 = 0 \)
Faktorkan:
\( (x + 4)(x - 2) = 0 \)
Jadi titik potong terjadi pada \( x = -4 \) dan \( x = 2 \).
Karena \( b > d \), titik dengan nilai \( y \) lebih besar adalah titik K.
Cek nilai \( y = f(x) \):
Untuk \( x = -4 \):
\( f(-4) = 2(16) + 4 - 1 = 35 \)
Untuk \( x = 2 \):
\( f(2) = 8 - 2 - 1 = 5 \)
Karena \( 35 > 5 \), maka:
\( a = -4 \)
Jawaban:
-4
7
Grafik fungsi \( f(x) = 2x^2 - x - 1 \) dan \( g(x) = x^2 - 3x + 7 \) berpotongan di dua titik berbeda, yaitu \( K(a, b) \) dan \( L(c, d) \). Garis \( m \) melalui kedua titik tersebut.
Gradien garis \( m \) adalah ...
Gradien garis \( m \) adalah ...
- \(-5\)
- \(-\frac{1}{5}\)
- \(1\)
- \(\frac{1}{5}\)
- \(5\)
▼ Pembahasan
Titik potong diperoleh dari \( f(x)=g(x) \):
\( 2x^2 - x - 1 = x^2 - 3x + 7 \)
\( x^2 + 2x - 8 = 0 \)
\( (x+4)(x-2)=0 \Rightarrow x = -4,\,2 \)
Hitung nilai \( y \) pada masing-masing:
\( f(-4) = 2(-4)^2 - (-4) - 1 = 2(16) + 4 - 1 = 35 \)
\( f(2) = 2(2)^2 - 2 - 1 = 8 - 2 - 1 = 5 \)
Titik-titik potong: \( K(-4,35) \) dan \( L(2,5) \).
Gradien garis \( m \):
\( m = \dfrac{5 - 35}{2 - (-4)} = \dfrac{-30}{6} = -5 \)
\( 2x^2 - x - 1 = x^2 - 3x + 7 \)
\( x^2 + 2x - 8 = 0 \)
\( (x+4)(x-2)=0 \Rightarrow x = -4,\,2 \)
Hitung nilai \( y \) pada masing-masing:
\( f(-4) = 2(-4)^2 - (-4) - 1 = 2(16) + 4 - 1 = 35 \)
\( f(2) = 2(2)^2 - 2 - 1 = 8 - 2 - 1 = 5 \)
Titik-titik potong: \( K(-4,35) \) dan \( L(2,5) \).
Gradien garis \( m \):
\( m = \dfrac{5 - 35}{2 - (-4)} = \dfrac{-30}{6} = -5 \)
Jawaban:
-5
تعليقات
إرسال تعليق
Bijak dalam berkomentar!