Soal UTBK-SNBT Paket 4

Soal Nomor 16

Nilai \( t \) yang memenuhi persamaan berikut:

\[ t = 10(t + 1) \]

Pilihan jawaban:

  • A. \( \frac{-10}{9} \)
  • B. \( \frac{-9}{10} \)
  • C. \( \frac{10}{9} \)
  • D. \( \frac{9}{10} \)
  • E. \( \frac{11}{9} \)
Pembahasan

Menyelesaikan persamaan:

\[ t = 10(t + 1) \]

\[ t = 10t + 10 \]

\[ t - 10t = 10 \]

\[ -9t = 10 \]

\[ t = \frac{-10}{9} \]

Jawaban: A

Soal Nomor 17

Diketahui \( y = \frac{1}{t} x \), dengan \( x \) bilangan genap positif. Apakah \( y > 0 \)?

Putuskan apakah pernyataan berikut cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut:

  • (1) \( t \) bilangan real
  • (2) \( t \) bilangan asli

Pilihan jawaban:

  • A. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (2) SAJA tidak cukup.
  • B. Pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (1) SAJA tidak cukup.
  • C. DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.
  • D. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan (2) SAJA cukup.
  • E. Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.
Pembahasan

Bilangan real merupakan gabungan antara bilangan rasional dan irasional yang bisa bernilai positif atau negatif. Sedangkan bilangan asli adalah bilangan positif yang dimulai dari 1, 2, 3, dan seterusnya.

\( x \) merupakan suatu bilangan genap positif. Jika \( t \) bilangan real, maka belum bisa dipastikan apakah \( t \) bernilai positif atau negatif, sehingga \( y \) belum dapat ditentukan.

Namun, jika \( t \) bilangan asli, sudah dapat dipastikan bahwa \( t > 0 \), sehingga \( y > 0 \).

Jawaban: B

Soal Nomor 18

Sekelompok dosen dari Institut Teknologi Nusa melakukan penelitian terkait rasa makanan yang disukai oleh sekelompok kucing. Data yang diperoleh sebagai berikut:

  • 30 ekor kucing menyukai rasa salmon saja.
  • 28 ekor kucing menyukai rasa mackerel saja.
  • 12 ekor kucing menyukai rasa salmon dan mackerel.
  • 10 ekor kucing tidak menyukai rasa salmon ataupun mackerel.

Berapa banyak total kucing yang diteliti oleh sekelompok dosen tersebut?

Pilihan jawaban:

  • A. 24 ekor
  • B. 34 ekor
  • C. 46 ekor
  • D. 56 ekor
  • E. 64 ekor
Pembahasan

Misalkan:

  • A: Kucing yang menyukai rasa salmon saja
  • B: Kucing yang menyukai rasa mackerel saja
  • C: Kucing yang menyukai rasa salmon dan mackerel
  • D: Kucing yang tidak menyukai rasa salmon dan mackerel

Total kucing dihitung sebagai berikut:

\((A - C) + (B - C) + C + D\)

\((30 - 12) + (28 - 12) + 12 + 10 = 46\)

Jawaban: C

Soal Nomor 19

Misalkan \( x \) dan \( y \) adalah bilangan positif. Jika:

\[ \frac{2x+7y}{5x-2y} = \frac{5}{2} \]

maka hubungan kuantitas \( x \) dan \( y \) adalah:

Pilihan jawaban:

  • A. \( x < y \)
  • B. \( x > y \)
  • C. \( x = y \)
  • D. \( y = \frac{21}{24} x \)
  • E. \( x = \frac{21}{24} y \)
Pembahasan

Menyelesaikan persamaan:

\[ \frac{2x+7y}{5x-2y} = \frac{5}{2} \]

Kalikan silang:

\[ 2(2x+7y) = 5(5x-2y) \]

\[ 4x + 14y = 25x - 10y \]

\[ 24y = 21x \]

\[ y = \frac{21}{24} x \]

Karena \( \frac{21}{24} < 1 \), maka \( x > y \).

Jawaban: B

Soal Nomor 20

Diketahui barisan aritmatika:

\( a_1, a_2, a_3, a_4, \dots \)

Memiliki jumlah \( n \) suku pertama yang dirumuskan sebagai:

\[ S_n = \frac{n}{2} (4n - 16) \]

Beda dari barisan aritmatika tersebut adalah?

Pilihan jawaban:

  • A. 5
  • B. 4
  • C. 3
  • D. 2
  • E. 1
Pembahasan

Diketahui:

\[ S_n = \frac{n}{2} (4n - 16) \]

Untuk \( S_1 \):

\[ S_1 = \frac{1}{2} (4(1) - 16) = -6 \]

Sehingga, \( a_1 = -6 \).

Untuk \( S_2 \):

\[ S_2 = \frac{2}{2} (4(2) - 16) = -8 \]

Karena \( S_2 = U_1 + U_2 \), maka:

\[ -6 + U_2 = -8 \]

\[ U_2 = -8 + 6 = -2 \]

Selanjutnya, beda \( b \) dihitung sebagai:

\[ b = U_2 - U_1 = (-2) - (-6) = 4 \]

Jawaban: B

تعليقات

Popular Posts

Soal dan Pembahasan - Penalaran Kuantitatif UTBK SNBT 2024

Soal dan Pembahasan Fisika SM ITB

Soal UTBK-SNBT Paket 23

Kumpulan Soal Fisika UM UGM

Soal UTBK-SNBT Paket 30