Soal UTBK-SNBT Paket 26

Soal Nomor 126

Nilai dari \( \log_5^2 x - \log_5 x^3 + 2 = 0 \) adalah?

  • A. 5 atau 25
  • B. -5 atau 25
  • C. 1 atau 2
  • D. 1 atau -2
  • E. -1 atau -2
Pembahasan

\( \log_5^2 x - \log_5 x^3 + 2 = 0 \)

Misalkan \( \log_5 x = y \), maka:

\( y^2 - 3y + 2 = 0 \)

Faktorkan:

\( (y - 1)(y - 2) = 0 \)

Jadi, \( y = 1 \) atau \( y = 2 \)

Maka, \( \log_5 x = 1 \Rightarrow x = 5^1 = 5 \)

dan \( \log_5 x = 2 \Rightarrow x = 5^2 = 25 \)

Jawaban: A

Soal Nomor 127

Dalam sebuah kotak terdapat 8 bola berwarna merah, 5 bola berwarna putih, dan 7 bola berwarna kuning. Jika bola diambil secara acak sebanyak dua kali dengan pengembalian, peluang terambilnya bola berwarna putih kemudian bola berwarna merah adalah?

  • A. \( \frac{1}{4} \)
  • B. \( \frac{3}{4} \)
  • C. \( \frac{13}{20} \)
  • D. \( \frac{8}{20} \)
  • E. \( \frac{1}{10} \)
Pembahasan

Total bola ada 20, peluang terambilnya bola putih pada pengambilan pertama:

\( P(A) = \frac{5}{20} = \frac{1}{4} \)

Kemudian, pada pengambilan kedua, karena ada pengembalian bola, maka peluangnya terambil bola merah:

\( P(B) = \frac{8}{20} = \frac{2}{5} \)

Maka peluang terambilnya bola putih kemudian bola merah adalah:

\( P(A, B) = \frac{1}{4} \times \frac{2}{5} = \frac{1}{10} \)

Jawaban: E

Soal Nomor 128

Hitung hasil dari:

\( (\sqrt{324} \div 9) + (6\sqrt{49} \times \frac{1}{4}) / 0.75 - (3^2 - \frac{\sqrt{32}}{\sqrt{2}}) \)

  • A. 20
  • B. 19
  • C. 17
  • D. 13
  • E. 11
Pembahasan

\( (\sqrt{324} \div 9) + (6\sqrt{49} \times \frac{1}{4}) / 0.75 - (3^2 - \frac{\sqrt{32}}{\sqrt{2}}) \)

\( (18 \div 9) + (6 \times 7 \times \frac{1}{4}) / 0.75 - (9 - 4) \)

\( 2 + 14 - (9 - 4) \)

\( 2 + 14 - 5 = 11 \)

Jawaban: E

Soal Nomor 129

Tentukan nilai \( x \) yang memenuhi persamaan:

\( 2^{2x} - 10 \times 2^{x+1} = -64 \)

  • A. -2 atau -4
  • B. -2 atau 4
  • C. 8
  • D. -8
  • E. 2 atau 4
Pembahasan

Persamaan dapat diubah menjadi:

\( (2^x)^2 - 10 \times 2^x \times 2^1 = -64 \)

Misalkan \( 2^x = y \), maka:

\( y^2 - 20y + 64 = 0 \)

Faktorkan:

\( (y - 16)(y - 4) = 0 \)

\( y = 16 \) atau \( y = 4 \)

Jika \( 2^x = 16 \Rightarrow x = 4 \)

Jika \( 2^x = 4 \Rightarrow x = 2 \)

Jawaban: E

Soal Nomor 130

Hitung hasil dari:

\( \frac{1}{\sqrt{100} + \sqrt{101}} + \frac{1}{\sqrt{101} + \sqrt{102}} + \dots + \frac{1}{\sqrt{399} + \sqrt{400}} \)

  • A. 150
  • B. 30
  • C. 15
  • D. 20
  • E. 10
Pembahasan

Bentuk umumnya adalah:

\( \frac{1}{\sqrt{n} + \sqrt{n+1}} \)

Rasionalkan penyebutnya:

\( \frac{1}{\sqrt{n} + \sqrt{n+1}} \times \frac{\sqrt{n+1} - \sqrt{n}}{\sqrt{n+1} - \sqrt{n}} = \sqrt{n+1} - \sqrt{n} \)

Maka, pola penjumlahan akan menjadi:

\( (\sqrt{101} - \sqrt{100}) + (\sqrt{102} - \sqrt{101}) + \dots + (\sqrt{400} - \sqrt{399}) \)

Terjadi pencoretan sehingga tersisa:

\( \sqrt{400} - \sqrt{100} = 20 - 10 = 10 \)

Jawaban: E

Komentar

Popular Posts

Soal dan Pembahasan - Penalaran Kuantitatif UTBK SNBT 2024

Soal dan Pembahasan Fisika SM ITB

Soal UTBK-SNBT Paket 23

Kumpulan Soal Fisika UM UGM

Soal UTBK-SNBT Paket 30