Soal UTBK-SNBT Paket 9

Soal Nomor 41

Fungsi m dan n didefinisikan sebagai:

\[ m(x) = \frac{x + p}{x - 3}, \quad x \neq 3 \] \[ n(x) = qx^2 - 5 \]

Apakah \( m(4) \times n(4) < 0 \)?

Putuskan apakah pernyataan (1) dan (2) berikut cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut:

  • (1) \( p < 6 \) dan \( q < 2 \)
  • (2) \( p > 1 \) dan \( q > 0 \)

Pilihan jawaban:

  • A. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (2) SAJA tidak cukup.
  • B. Pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (1) SAJA tidak cukup.
  • C. Dua pernyataan bersama-sama cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi satu pernyataan saja tidak cukup.
  • D. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan (2) SAJA cukup.
  • E. Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.
Pembahasan

Analisis pernyataan:

  • Jika \( p < 6 \), maka \( m(4) \) bisa positif atau negatif.
  • Jika \( q < 2 \), maka \( n(4) \) bisa positif atau negatif.
  • Jika \( p > 1 \), maka \( m(4) \) pasti positif.
  • Jika \( q > 0 \), maka \( n(4) \) bisa positif atau negatif.

Karena dalam kedua pernyataan hasilnya masih bisa positif atau negatif, maka tidak cukup untuk menentukan apakah \( m(4) \times n(4) < 0 \).

Jawaban: E

Soal Nomor 42

Jarak tegak lurus dari titik \((x_0, y_0)\) ke garis \(y = mx + c\) adalah:

Rumus Jarak Titik ke Garis

Jarak ini juga disebut jarak terdekat suatu titik ke suatu garis.

Jarak titik \((3,4)\) ke garis \(x = 2y - 3\) adalah:

  • A. \( \frac{\sqrt{5}}{2} \)
  • B. \( \frac{2\sqrt{5}}{5} \)
  • C. \( \frac{5}{2\sqrt{5}} \)
  • D. \( \frac{3\sqrt{5}}{5} \)
  • E. \( \frac{4\sqrt{5}}{5} \)
Pembahasan

Gunakan rumus jarak titik ke garis:

\[ d = \frac{|y_0 - mx_0 - c|}{\sqrt{1 + m^2}} \]

Gradien garis dari persamaan \(x = 2y - 3\):

\[ x = 2y - 3 \]

\[ 2y = x + 3 \]

\[ y = \frac{x}{2} + \frac{3}{2} \]

Maka, \( m = \frac{1}{2} \).

Substitusi ke dalam rumus:

\[ d = \frac{|4 - \frac{1}{2} (3) - \frac{3}{2}|}{\sqrt{1 + (\frac{1}{2})^2}} \]

\[ d = \frac{|4 - \frac{3}{2} - \frac{3}{2}|}{\sqrt{1 + \frac{1}{4}}} \]

\[ d = \frac{|4 - 3|}{\sqrt{\frac{5}{4}}} \]

\[ d = \frac{1}{\frac{1}{2} \sqrt{5}} \]

\[ d = \frac{2}{\sqrt{5}} \times \frac{\sqrt{5}}{\sqrt{5}} \]

\[ d = \frac{2\sqrt{5}}{5} \]

Jawaban: B

Soal Nomor 43

Jarak terdekat antara garis \( y = 0.5x - 2 \) dengan garis \( y = 0.5x + 1 \) adalah...

Grafik dua garis sejajar
  • A. \( \frac{6\sqrt{5}}{5} \)
  • B. \( \frac{7\sqrt{6}}{6} \)
  • C. \( \frac{4\sqrt{5}}{5} \)
  • D. \( \frac{5\sqrt{6}}{6} \)
  • E. 3
Pembahasan

Diketahui dua garis sejajar:

\( y = 0.5x - 2 \) dan \( y = 0.5x + 1 \)

Kedua garis memiliki gradien yang sama, maka jarak terdekat antara keduanya dapat dihitung dengan rumus:

\[ d = \frac{|c_1 - c_2|}{\sqrt{1 + m^2}} \]

Dengan \( c_1 = -2 \), \( c_2 = 1 \), dan \( m = 0.5 \):

\[ d = \frac{|1 - (-2)|}{\sqrt{1 + (0.5)^2}} \]

\[ d = \frac{3}{\sqrt{1.25}} \]

\[ d = \frac{3}{\frac{1}{2} \sqrt{5}} \]

\[ d = \frac{6}{\sqrt{5}} \times \frac{\sqrt{5}}{\sqrt{5}} \]

\[ d = \frac{6\sqrt{5}}{5} \]

Jawaban: A

Soal Nomor 44

Persamaan garis yang berada di sepanjang garis putus-putus adalah?

Grafik garis putus-putus
  • A. \( y = -2x + 3 \)
  • B. \( y = -2x + 4 \)
  • C. \( y = -0.5x \)
  • D. \( y = -0.5x + 3 \)
  • E. \( y = 2x - 5 \)
Pembahasan

Diketahui garis putus-putus tegak lurus dengan garis \( y = 0.5x + 1 \). Gradien garis tersebut adalah:

\[ m_1 = 0.5 \]

Karena dua garis tegak lurus memenuhi hubungan \( m_1 m_2 = -1 \), maka:

\[ 0.5m_2 = -1 \]

\[ m_2 = -2 \]

Gunakan persamaan garis lurus dengan titik \((2, -1)\):

\[ y - y_1 = m_2 (x - x_1) \]

\[ y - (-1) = -2 (x - 2) \]

\[ y + 1 = -2x + 4 \]

\[ y = -2x + 3 \]

Jawaban: A

Soal Nomor 45

Urutkan tiga bilangan \( \frac{1}{4} \); 22%; \( 1-0,775 \) dari yang terbesar ke yang terkecil:

  • A. \( 1 - 0,775 ; \frac{1}{4} ; 22\% \)
  • B. \( 1 - 0,775 ; 22\% ; \frac{1}{4} \)
  • C. \( \frac{1}{4} ; 1 - 0,775 ; 22\% \)
  • D. \( \frac{1}{4} ; 22\% ; 1 - 0,775 \)
  • E. \( 22\% ; 1 - 0,775 ; \frac{1}{4} \)
Pembahasan

Konversikan semua bilangan ke bentuk desimal:

\( \frac{1}{4} = 0,25 \)

\( 22\% = 0,22 \)

\( 1 - 0,775 = 0,225 \)

Urutan dari yang terbesar ke terkecil:

\( 0,25 \) (\( \frac{1}{4} \)), \( 0,225 \) (\( 1 - 0,775 \)), \( 0,22 \) (\( 22\% \))

Jawaban: C

Komentar

Popular Posts

Soal dan Pembahasan - Penalaran Kuantitatif UTBK SNBT 2024

Soal dan Pembahasan Fisika SM ITB

Soal UTBK-SNBT Paket 23

Kumpulan Soal Fisika UM UGM

Soal UTBK-SNBT Paket 30