Soal UTBK-SNBT Paket 17

Soal Nomor 81

Berapakah banyaknya dari empat pernyataan berikut yang benar berdasarkan informasi di atas?

  • 29568 habis dibagi 11
  • 32560 habis dibagi 5, tetapi tidak habis dibagi 11
  • 10206 tidak habis dibagi 9
  • 32256 habis dibagi 7

Pilihan Jawaban:

  • A. 0
  • B. 1
  • C. 2
  • D. 3
  • E. 4
Pembahasan

Pernyataan (1)

Ciri bilangan yang habis dibagi 11 adalah jumlah silang tanda berganti habis dibagi 11.

Pada bilangan 29568, didapatkan:

\[ 8 - 6 + 5 - 9 + 2 = 0 \]

Karena 0 habis dibagi 11, maka 29568 habis dibagi 11.

Pernyataan (2)

Ciri bilangan yang habis dibagi 5 adalah digit terakhirnya 0 atau 5, maka 32560 dapat dibagi 5.

Kemudian untuk bilangan yang habis dibagi 11, jumlah silang tanda berganti harus habis dibagi 11.

\[ 0 - 6 + 5 - 2 + 3 = 0 \]

Karena 0 habis dibagi 11, maka 32560 habis dibagi 11.

Pernyataan (3)

Ciri bilangan yang habis dibagi 9 adalah jumlah digit bilangannya habis dibagi 9.

\[ 1 + 0 + 2 + 0 + 6 = 9 \]

Karena 9 habis dibagi 9, maka 10206 habis dibagi 9.

Pernyataan (4)

Untuk mengecek suatu bilangan habis dibagi 7, gunakan metode berikut:

Pada bilangan 32256, pisahkan angka 6 kemudian dikalikan 2:

\[ 3225 - (2 \times 6) = 3213 \]

Kemudian lanjutkan:

\[ 321 - (2 \times 3) = 315 \]

Lanjutkan kembali:

\[ 31 - (2 \times 5) = 21 \]

Karena 21 habis dibagi 7, maka 32256 habis dibagi 7.

Jumlah pernyataan benar: 3

Jawaban: D

Soal Nomor 82

Diketahui jajar genjang PQRS di bawah memiliki luas 72 satuan.

Gambar Jajar Genjang

Jika koordinat R(a, b), maka nilai \(2a^2 + ab^2 - 32\) adalah?

Pembahasan
Pembahasan Jajar Genjang

Luas = alas × tinggi

\(72 = (x - 2) \times 12\)

\(x - 2 = \frac{72}{12}\)

\(x - 2 = 6\)

\(x = 8\)

Maka panjang alasnya adalah \(8 - 2 = 6\).

Jadi, koordinat dari R adalah:

  • Untuk sumbu x → \(4 + 6 = 10\)
  • Untuk sumbu y → \(14\)

Maka, \(2a^2 + 2b - 32\):

\(2(10)^2 + 2(14) - 32 = 196\)

Jawaban: 196

Soal Nomor 83

Dalam sebuah kelompok terdapat 40 anak terdiri dari 20 siswa menyukai sejarah, 10 siswa menyukai ekonomi, dan beberapa di antaranya menyukai keduanya. Jika secara acak dipilih seorang anak, nilai peluang anak yang menyukai sejarah dan ekonomi adalah \( \frac{n}{4} \). Maka nilai \( n \) adalah?

Pilihan Jawaban:

  • A. 1
  • B. 2
  • C. 3
  • D. 4
  • E. 5
Pembahasan

Penyelesaian

Misalkan:

  • Total siswa = \( A \)
  • Suka sejarah = \( B \)
  • Suka ekonomi = \( C \)
  • Suka keduanya = \( D \)

Dengan menggunakan prinsip himpunan:

\[ A = (B - D) + (C - D) + D \]

\[ 40 = (20 - D) + (10 - D) + D \]

\[ 40 = 30 + D \]

\[ D = 10 \]

Maka, peluang memilih siswa yang menyukai sejarah dan ekonomi:

\[ P(D) = \frac{n(D)}{n(S)} = \frac{10}{40} \]

\[ P(D) = \frac{1}{4} \]

Sehingga nilai \( n = 1 \).

Jawaban: 1

Soal Nomor 84

Bilangan enam digit “aa7aab” habis dibagi 15. Nilai terbesar \( a + b \) adalah ...

  • A. 7
  • B. 8
  • C. 12
  • D. 14
  • E. 16
Pembahasan

Pembahasan

Ciri bilangan yang habis dibagi 15 adalah habis dibagi 3 dan 5.

Untuk bilangan yang habis dibagi 5, digit terakhirnya harus 0 atau 5. Maka \( b \) terdapat dua kemungkinan, yakni 0 atau 5.

Ciri bilangan habis dibagi 3 adalah jumlah semua digitnya habis dibagi 3.

Jika \( b = 0 \):

\( a + a + 7 + a + a + 0 = 4a + 7 \)

Maka, terdapat 3 kemungkinan \( a \) yang membuat \( 4a + 7 \) habis dibagi 3:

  • \( a = 2 \Rightarrow 4(2) + 7 = 15 \)
  • \( a = 5 \Rightarrow 4(5) + 7 = 27 \)
  • \( a = 8 \Rightarrow 4(8) + 7 = 39 \)

Jika \( b = 5 \):

\( a + a + 7 + a + a + 5 = 4a + 12 \)

Maka, terdapat 3 kemungkinan \( a \) yang membuat \( 4a + 12 \) habis dibagi 3:

  • \( a = 3 \Rightarrow 4(3) + 12 = 24 \)
  • \( a = 6 \Rightarrow 4(6) + 12 = 36 \)
  • \( a = 9 \Rightarrow 4(9) + 12 = 48 \)

Maka, nilai maksimum yang diambil adalah \( a = 9 \) dan \( b = 5 \), sehingga:

\( a + b = 9 + 5 = 14 \).

Jawaban: 14 (D)

Soal Nomor 85

Diketahui fungsi \( f(x) \) dan \( g(x) \) memenuhi tabel berikut:

X f(x) g(x)
0 2 5
1 1 7
2 0 9
3 -1 11
4 -2 13

Jika \( g(f(a)) = 5 \), maka nilai dari \( a \) adalah ...

  • A. 0
  • B. 1
  • C. 2
  • D. 3
  • E. 4
Pembahasan

Pembahasan

Cari nilai \( g(x) \) yang menghasilkan 5, yakni pada saat \( f(x) = 2 \), berarti \( g(2) = 5 \).

Maka \( f(a) = 2 \).

Cari nilai \( f(x) \) yang menghasilkan 2, yakni saat \( x = 0 \), maka nilai \( a = 0 \).

Jawaban: 0 (A)

Komentar

Popular Posts

Soal dan Pembahasan - Penalaran Kuantitatif UTBK SNBT 2024

Soal dan Pembahasan Fisika SM ITB

Soal UTBK-SNBT Paket 23

Kumpulan Soal Fisika UM UGM

Soal UTBK-SNBT Paket 30